Kiki Riskadewi's Blog

For sharing and Learning More…

”TIPS MENGURANGI RASA PAHIT DI LIDAH SAAT DEMAM”

k
kita pasti sudah pernah merasakan demam. Demam adalah suatu bagian penting dalam mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan meningkatkan suhu tubuh beberapa derajat akan membantu tubuh memenangkan perlawanan dalam melawan infeksi.

Pernahkah anda merasakan pahit di lidah pada saat demam? Mungkin ada yang menjawab “tidak pernah” atau “pernah”. Pada saat demam kadang-kadang muncul rasa pahit lidah dan menyebabkan semua makanan terasa pahit ( jadi makanan yang enak2 nggak akan berasa enaknya kalau kita dalam kondisi seperti ini :( ).

Dikutip dari “The Breath” air liur sangat penting untuk melarutkan makanan agar dapat dirasakan oleh lidah. Bila air liur berkurang karna berbagai hal, maka oksigen juga akan kurang. Kurangnya oksigen akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob yang merupakan penyebab dari sensasi pahit di lidah.

Rasa pahit ini cukup mengganggu bagi penderita demam termasuk saya sendiri yang pernah merasakannya. Bagaimana dengan anda??

Selain membuat makanan menjadi terasa pahit, ada akibat lain yang dapat timbulkan dan akan sangat sering terjadi pada penderita yang kehilangan nafsu makannya akibat rasa pahit tapi tidak mampu memaksakan diri untuk tetap mengkonsumsi makanan sebagaimana mestinya.

Akibat itu antara lain:
1) Menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh akan semakin mudah terserang penyakit lain. Mengapa? Makanan merupakan sumber gizi yang diperlukan tubuh yang di dalamnya terdapat berbagai zat yang diperlukan tubuh seperti mineral, protein, karbohidrat, dan vitamin. Zat- zat ini sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Namun rasa pahit yang muncul saat demam membuat nafsu makan berkurang sehingga asupan gizi yang bersumber dari makanan juga berkurang. Akibatnya daya tahan tubuh semakin menurun dan penderita akan semakin mudah terserang penyakit lain.

2) Dapat menghambat proses penyembuhan. Mengapa? Obat ada yang diminum sesudah makan. Apabila penderita demam kehilangan nafsu makan dan tidak mau mengkonsumsi makanan, maka obat juga tidak bisa diminum karena biasanya obat yang diminum setelah makan tidak dapat bekerja dalam keadaan asam lambung yang tinggi. Pada saat perut kosong atau sebelum makan asam lambung relative tinggi. Bila obat sampai tidak diminum, tentu proses penyembuhan akan terhambat.

Disini saya punya semacam tips yang saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri. Jika anda merasakan rasa pahit di lidah pada saat demam, minumlah segelas teh manis hangat. Anda akan merasakan kesegaran dan rasa pahit yang anda rasakan akan berkurang dan berangsur hilang.

Nah, selamat mencoba tips ini jika hal tersebut terjadi pada anda tapi jangan berharap sakit untuk mencoba tips dari saya. :p
Ok!

About these ads

Single Post Navigation

58 thoughts on “”TIPS MENGURANGI RASA PAHIT DI LIDAH SAAT DEMAM”

  1. Kalo tips untuk mengurangi pahitnya hidup apa yah… :?:
    Hehee… :lol:

  2. ha,ha,ha,
    law itu sepertiny cma dri qt msing2 yg bsa mnjwabnya da,,
    stiap orang psti punya cara mngurangi rasa pahit hidupnya masing2…
    wkwkwkwk :)

  3. risa wulandari on said:

    waaaaaaahhhhh…
    kiki hebaaaat…
    saLut..saLut…
    ;D

  4. Trims buat tips nya … lgi di coba nih , …

  5. ma ksh bwt infox

    sdh sy coba tips teh angetx,tp sbentar sj hilang rasa pahitx

    klo sy,plus makan pke sambel spy mningkat slera mknx..

  6. makasih tips nya.ini mau dicoba.mudah mudahan berhasil :)

  7. dasar on said:

    wkwkwkwkkkkk,
    itu melucu namanya.,

  8. Kode : 91/ Dapur : Sengkelat / Pamor : Ngulit Semangka /Tangguh : Madiun /Aura : Karejeken /Mahar : Rp. 1,25 juta.

  9. Salam kenal dan numpang promosi… Istirahat sejenak sambil liat koleksi Keris Dan Senjata Tradisional Indonesia lainnya yuuuuk…. hanya di http://www.kerismulyani.wordpress.com

  10. amitokugawa on said:

    wah, bermanfaat semua ini isi blognya..
    hoho

  11. Udah aku coba minum teh manis, tp ko pinggang aku sakit ya kerasanya… Aku coba netralisir pake air putih tapi mual!

  12. juzt addie on said:

    tapi ada yg bilang makan roti tawar sebelum makan makanan lain., bisa ngurangi rasa pait di lidah..
    ., ini lidahku sekarang pait trus coba minum teh anget beberapa menit kemudian malah muntah :(

  13. ANDRE12 on said:

    emang, gak enak bgt klo udh kena pahit lidah… minum air putih pun rasanya gak enak bgt… yg enak paling cuman makan makanan asem / vitamin C…

  14. Panjang lebar bacanya..

    “Teh manis” dong mah dr ank2 sm nenek2 juga tau apa lg + donat cuy.. Ckckck

  15. Trs pahiitt ga bisa makan,, jd ga mood weww..

  16. Makasih kaka atas info nya .. :D

  17. Terima kasih banyak. Ini sangat membantu.
    Sebelum saya meminum obat yang samapi sekarang masih saya konsumsi, lidah normal-normal saja. Namun, setelai mulai minum obat, rasa lidah menjadi pahit. Tidak hanya pada waktu makan, bahkan nafas pun terasa pahit. Apakah ada alergi terhadap obat?
    Sebelumnya terima kasih, & saya tunggu jawabannya.
    Afwan wa jazakillahu ahsanal jaza.

  18. Fariq Akbar on said:

    thanks gan infonya (Y)

  19. kalo pengalaman saya sebaliknya,,minum teh manis hangat saat demam dan saat mulut terasa pahit justru bikin rasa pahit di semakin gak karuan

  20. adeg tiya on said:

    makasiih info ny :)

  21. Kalo mau ngilangin pahit dimulut dimuntahin aja yg da dlm perut semua br diisi lg ma yg baru.

  22. sebentar Doank……!
    5 menit Kemudian Udah terasa Pait lgi :'( Tolonggggggg
    ada cara yg Lain gak
    plisssssssssssssss

  23. silvia lagi on said:

    trimakasih tips nya….:D

  24. Klo Msh Lidahnya Pahit Walaupun Sudah Minum Teh Hangat Gmn Tuh.?

  25. ky’a tips ny kurng mnjur gan..sy dh nyoba tp msh saja pahit..

  26. terimakasih kiki atas tips yang diberikan….Thanks very much.

  27. ia sob,, ni aqw juga skit e

  28. wahhh terimakasih infonya :)

  29. sya tgah dmam skrg n ldah mmg rasa phit..dh minum teh manis n pnas tp rasa nk muntah slepas minum..

  30. makasih bu haji tips nya ,,,mMANTAP PISAAAAAAAANNN LAH

  31. Walah…dah baca panjng” gw kira ada obatnya….taunya teh manis hangat wkwkkwkwkw

  32. gimana ni caranya menghilangkan rasa pahit d lida …soalnya mulut q tu trasa phtt..jdi males makan gtu

  33. Saya kira bAca pAnjang” berguna ………..
    Sebaik’ήγα makan buah”an dlu sblum makan nasi psti Ϟƍƍαќ pahit…

  34. mksh tips nYa Ye…
    akan sY coba mdh”n brhsl.

  35. iya nih mult dan lidah berasa pahit.. saya akan coba tips deh.. makasih loh

  36. thanks tipsnya

  37. wahh makasih banyakk tipsnya

  38. matur nuwon tipsnya

  39. rangga on said:

    penyebab utama rasa pahit dimulut itu karna kurangnya produksi air liur,sedangkan indra perasa butuh air liur untuk menghantar satu rasa yg ada dimulut.
    cara mengatasinya :

    1. kalo mau yg cepet ya caranya muntahin aja smua isi yg ada didalem perut sampe asam lambung yg tumpah kepencernaan, mulut, dan lubang hidung hilang smua..

    2. tp kalo mau bertahap, bisa dengan sikat gigi, trus kumur2 dengan obat kumur, lalu minum jahe hanget..kalo bisa yg panas.. baru coba isi makanan2 ringan,minum jahe panas lagi, makana ringan lagi, baru nasi kalo udah mulai enak rasa lidahnya.

    ket:
    *zat dari jahe gunanya untuk menambah stamina tubuh karna ga makan, dan air jahenya itu buat menetralisir asam lambung yang naik kemulut dan bakteri anaerob.

    berdasarkan pengalaman lidah pahit dari saya sd-kuliah itu cara saya mengatasinya. smoga bermanfaat buat yg lainya

  40. hadi on said:

    kayaknya kiki dah ngilang nih…..

  41. terimakasih infonya gan, kebetulan ane sedang mengalami pahit lidah

  42. Sy. Minumin the manis haangat malllah the manisx. Terasa. Pahit pdhl gula dah bnyakk

  43. burjoe jojo on said:

    Q dah coba trik anda…uda 2x minum teh anget manis….pertanya’an? Berapa x minum teh anget nya sampai bisa sembuh.terimakasih

  44. riephat on said:

    klo msih terasa pahit coba makan buah2an yg byk mengandung air dan manis spt jeruk atau melon tp ingat.. yg bener2 manis lho ya

  45. selfila paramita on said:

    Bagus tips nya mempan loh

  46. selfila paramita on said:

    Mau di coba nih tips nya

  47. milun larutan aja biar pahitnya hilang sob
    sudah sy coba dan brhasil :)

  48. yulia ika on said:

    makasih tipsnya, tapi saya lebih cenderung pengen makan yang masih panas dan seger, kalo minum air putih jd makin pahit .kalo minum susu jd muntah, enaknya minum es ga terasa pahit hehe

  49. tapi kk aku pingin minum air putih gmana yea biar gak pahit????

  50. minum teh anget pake gula merah.. coba deh!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: