Kiki Riskadewi's Blog

For sharing and Learning More…

I HATE SMOKE

“I hate smoke very much…”

Itu kata-kata yang selalu terucap di dalam hati saat begitu banyak asap mengelilingi ku. Salah satu asap yang sangat saya tidak disukai adalah asap rokok. Asap yang satu ini bisa dikatakan cukup sering terhirup walaupun dalam jumlah yang sedikit. Why?? Karena saya selalu naik kendaraan yang selalu berisi orang orang perokok yang tidak sadar dengan kesehatan dirinya dan orang lain. Kendaraan itu tidak lain dan tidak bukan adalah bus kota dan angkutan kota alias ankot. Saya terpaksa harus tetap naik kendaraan ini karena belum punya mobil pribadi. Hehehe😆

Setiap hari, selalu ada orang yang merokok diatas bus kota yang saya tumpangi. Dan perokoknya pun tidak pandang usia, mulai dari orang tua, dewasa, remaja kayak anak SMP bahkan anak SD sekalipun. Kadang, penumpang lain yang berada disekitar perokok itupun terlihat nyantai dan tidak risih sedikitpun. Kalau saya mah, perokoknya radius 20 meter saya pasti tahu.. hahahahah…😆 Itu karena saking peka nya dengan asap rokok.

Hanya ada 1 teman yang juga sadar asap seperti saya ini. Dia juga selalu menemani hari-hari saya di atas bus dan di kampus. Ceilaaaa.. Namanya Faras. Kalau udah ada yang merokok, pasti perokoknya dicari sambil nutup-nutup hidung dan ngipas ngipas. Body language itu menunjukkan kalau kami tidak suka dengan asap rokoknya plus dengan perokoknya.

Prinsip saya : I hate smoke n I hate smokers man. Bagi saya hal-hal yang berhubungan dengan rokok benar benar tidak dapat saya tolerir. Why??? Yang sadar kesehatan pasti tau jawabanya. Tentu saja karena merokok itu gag hanya merusak dirinya tapi juga orang lain. Malah orang lain yang tidak merokok tapi ikut menghirup asap rokok alias perokok pasif, punya resiko kesehatan yang lebih besar dari perokoknya.

Kadang saya heran, kenapa sih orang orang itu tetap merokok?? Padahal sudah jelas2 terpampang kalau merokok dapat menyebabkan bla bla bla. Sepertinya tulisan itu sama sekali tidak berefek. Saran saya, mending tulisan itu dihapuskan saja.

Dan saya juga geleng-geleng kepala ketika fatwa haram merokok menuai pro dan kontra. Memang dengan adanya fatwa haram rokok, pabrik rokok akan mengalami kerugian sehingga juga berdampak pada nasib karyawan yang bekerja disana. Tapi jika melihat kerugian karena penyakit yang didapat oleh masyarakat yang perokok aktif maupun pasif, saya rasa kerugiannya lebih besar dari kerugian pabrik dan karyawanya. So, silahkan pilih dengan akal sehat, kerugian siapa yang harus diselamatkan??? Program Indonesia sehat 20xx ( Baca: dua ribu sekian) akan susah berhasil selagi yang namanya rokok dan perokok masih melimpah ruah di negeri Indonesia tercinta ini.

Ada satu ide gila untuk menyadarkan masyarakat Indonesia tentang bahaya merokok. Pastinya bukan dengan jalan sosialisasi atau kasih seminar karena gag akan banyak yg datang. Toh kebiasaan buruknya yang bakalan dibicarain. Ide saya itu adalah menampilkan video bahaya merokok, penyakit yang ditimbulkanya dan gambaran kehidupan perokok yang telah mendapat penyakit. Video itu ditayangkan serentak diseluruh Indonesia secara mendadak tanpa dikasih tau. Pastinya mereka bakalan nonton dunks. Hahahahaah😆

Semoga idenya bermanfaat……:mrgreen:

Single Post Navigation

2 thoughts on “I HATE SMOKE

  1. Ide dengan video tsb sepertinya sudah banyak yang mencoba dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi…. Ada ide lain..? Urusan rokok karena sudah sangat laten, maka solusinya juga harus menyeluruh dan memfasilitasi semua kepentingan yang terkait

    Btw, cobalah sedikit gentle untuk menyampaikan kepada para smoker di dalam oplet/angkot bahwa kita gak bisa terpapar asap rokok. Biasa aja… sampaikan baik-baik dan minta ybs untuk mematikan rokoknya. Itu jauh lebih diterima dan punya tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi daripada ngibas-ngibas. Bahkan body language sperti ngibas-ngibas kek gitu berpotensi untuk memperparah hubungan antara active smoker dengan passive smoker

    • sudahkah diputarkan serentak diseluruh indonesia da?? hahaha,,

      btw,,ki udah pernah melakukan hal gentle tu da, dan reaksi active smokersnya pun jga bermacam2. Ada yg lgs matiin rokoknya dan yg trakhir malah menatap dgn marah tanpa mematikan rokoknya. Karena ki fikir kayak gitu lbih beresiko, akhirnya ki memutuskan utk ngibas2 ja da,, hahahaha.. Dan kbtulan perokoknya sering di temukan d bus kota n duduk d blkang da,, so, gag bsa lgs gomong jg,, hahaha…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: