Kiki Riskadewi's Blog

For sharing and Learning More…

KEBETULAN YANG LUAR BIASA “MEREMIA PELTATA (AKALAMBUANG)”

“Benar benar kebetulan yang luar biasa”. Kejadian itu membuat saya seperti telah menjadi pharmacist yang sesungguhnya *emangnya sekarang masi boongan??:mrgreen: Mari mulai bercerita.

Waktu itu saya makan siang bersama seorang teman di daerah Pasar Baru, Padang. Sambil menunggu pesanan kami datang, saya berkeinginan untuk membaca buku yang baru saja kami beli di pasar. Nama bukunya “Ilmu Meracik Obat”. Baru saja buku itu dikeluarkan dari plastiknya, seorang perempuan yang duduk di depan saya langsung berkata:
A (perempuan itu) : “ehh, bole liad bukunya gag deq??”
Me : si pemilik buku belum sempat membuka lembaran pertama, dan berkata “oh, tentu saja kak”.

Setelah sedikit membalik balik halaman buku, dia berkata
A : “Farmasi ya dek???”
Me : “iya kak, kenapa tu kak??”
A : “bole Tanya gag dek???? Obat Vam apa ya dek??”
Me : saya langsung mengerutkan kening dan sdikit kebingungan, “Vam?? Pa tu kak??” Blon pernah denger.
A : “ kanker payudara dek”
Me : “ohh, Breast Cancer, tau thu kak,, hehehehe”. Mau Tanya obatnya ya kak??

Saya langsung melihat kearah teman saya karena salah seorang keluarganya juga pernah menderita penyakit ini dan kami mengetahui apa obat tradisional yang sangat ampuh untuk melawan penyakit yang satu ini.

Langsunglah kami bercerita panjang lebar mengenai obat itu dan mungkin percakapannya tidak perlu ditampilkan dalam bentuk dialog lagi. Yang pastinya cerita dengan kakak itu bersambung, karena kami lupa apa nama daerah n ilmiah dari tumbuhan tersebut. hingga saya memutuskan untuk menemui salah seorang dosen dulu, yang mana dosen itulah yang memberi tahu kami apa nama tumbuhan itu.

So, apa aja kebetulan itu??
1) Kakak itu bertanya pada orang yang tepat (kepada anak Farmasi yg juga cukup mengetahui all about her question)
2) Dia ternyata 1 kampung dengan saya.
3) Ternyata juga teman dekat salah seorang senior di SMA dan di Farmasi
4) Dapat cerita mengagetkan tentang salah seorang senior saya di SMA

Okeh,, akan saya jelaskan juga kepada teman teman sekalian mengenai tumbuhan liar yang tidak dikenal orang, tapi sangat ampuh dalam mengobati penyakit “kanker payudara atau Breast Cancer”. Kenapa saya bilang ampuh?? Karena tumbuhan ini memang ampuh mengobati penyakit keluarga teman saya itu.

MEREMIA PELTATA (AKALAMBUANG)

Merupakan salah satu tumbuhan liar yang tidak banyak dikenal orang namun memiliki khasiat luar biasa. Salah satu manfaat yang telah diketahui adalah sebagai obat Breast Cancer atau kanker payudara. Nama daerah dari tumbuhan ini adalah Akalambuang ( mungkin berbeda untuk daerah lain. Ini hanya untuk daerah Sumbar saja). Namun sampai sekarang, belum bisa dipastikan zat aktif apa yang berperan dalam mengobati Breast Cancer itu.

Adapun cara pengolahan tumbuhan ini agar dapat digunakan sebagai obat adalah :
1) Ambil 10 lembar daun tumbuhan akalambuang
2) Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih
3) Setelah mendidih, maka airnya akan bersisa 1 gelas lebih saja
4) Minum airnya 3 kali sehari

Insyaallah, tumbuhan ini bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan pnyakit kanker payudara. Karena berdasarkan pengalaman keluarga teman saya dan salah seorang warga yang juga disarankan oleh dosen saya itu, tumbuhan ini benar-benar bisa menyembuhkan penyakit Breast Cancer.

Besar harapan saya semoga masyarakat luas bisa mengetahui apa manfaat tumbuhan liar ini sehingga tumbuhan ini bisa lebih bermanfaat dan dikenal masyarakat.

Single Post Navigation

6 thoughts on “KEBETULAN YANG LUAR BIASA “MEREMIA PELTATA (AKALAMBUANG)”

  1. Meskipun dikategorikan sebagai tumbuhan obat dengan penggunaan secara tradisional, pihak terkait (misalnya apoteker) tetap harus memberikan informasi dan edukasi kepada pasien tentang beberapa hal, misalnya:
    – bagaimana cara pemanfaatannya yang tepat
    – apakah ada kemungkinan efek samping –> obat tradisional bukan berarti tanpa kemungkinan terjadinya efek yang merugikan

    Trus orang farmasi semestinya melakukan penelitian lebih lanjut tentang tanaman ini…

    • ya da,, kita sebagai seorang pharmacist memang harus melakukan penelitian lebih lanjut.

      tapi kata Pak Al*n, mahasiswa bimbinganya sudah meneliti tentang tumbuhan ini da, tapi ki gag sempat tanya penelitianya tentang apa, efeksampingnya, dan dosis tepatnya.. berhubung juga bnyak senior lain yg menunggu utk bicara dgn bpk thu,

      insyallah klw ktmu bpk lagi, ki akan tnya

  2. aryna on said:

    ehm….nice info…tapi dimanakah gerangan aku dapat menemukan tumbuhan itu di tanah jawa ini? sepertinya jarang deh….salam kenal. 6_6

  3. mksii tas kunjungannya..
    hmmm,,, klw didaerah jawa saya juga kurang tau,, berhubung juga bkan orng jawa,, hehehe..

  4. yolaorvalho on said:

    ternya tanaman yang terkadang dianggap “manyarok” sungguh besar khasiatnya ya kak…hmm…jadi kepegen tanya nih kak, apa tu senyawa yang bisa buat dia sebagai obat breast cancer?…
    kayak nya KBA asyik buat jadi penelitian tu kak..ambil KBA aj ntar kak..hheehhe..😀

    • pastinya masih banyak tumbuhan lain yang bernasib sama seperti meremia pltata..
      zat aktif yang berperan dalam mengobati breast cancer masih blon diketahui. sebagai seorng pharmacist, kita hrus melakukan penelitian ttg hal tsb.
      hhahaha,, kakak memang cukup berminat di kba deq,,, yg pastinya gag di farmakol,,
      hahahaha🙂

Leave a Reply

